Research Repository

Pengaruh Multimedia Audio Visual Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Torgamba Tahun Ajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Rezeki, Suci Sri
dc.date.accessioned 2020-12-16T08:17:06Z
dc.date.available 2020-12-16T08:17:06Z
dc.date.issued 2020-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14581
dc.description.abstract Penelian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Torgamba dengan sampel yang diambil adalah kelas VII-1 dan VII-2 yang masing – masing memiliki 32 siswa. Penelitian ini mengunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan instrument tes hasil belajar yang terdiri atas tes awal (pre test) dan test akhir (post test). Dari hasil tes awal tersebut terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan – kesalahan terjadi karena siswa belum memahami benar aturan-aturan yang berlaku pada pembelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah di atas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa tersebut, peneliti mencoba membuat media pembelajaran berbasis multimedia audio visual dan berharap pengaruh dari media tersebut dapat mencapai suatu hasil belajar yang maksimal pada pelajaran matematika. Media pembelajaran ini dirancang untuk menarik perhatian siswa serta dapat mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual maupun kelompok serta dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Torgamba. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas digunakan untuk melihat apakah data berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas adalah uji yang digunakan untuk melihat apakah data sama atau tidak dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan tarif signifikan 0,05. Dari hasil hitungan diperoleh thitung 7,8377 selanjutnya membandingkan harga thitung dengan ttabel. ttabel = 1,99897 , jadi thitung (7,8377) > ttabel (1,99897). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan multimedia audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Torgamba Tahun Ajaran 2020-2021. en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Multimedia Audio Visual en_US
dc.title Pengaruh Multimedia Audio Visual Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Torgamba Tahun Ajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account