dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya perhatian siswa
terhadap pelajaran matematika dan hanya sebagian kecil siswa yang mampu
menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
ketuntasan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode scaffolding
pada siswa kelas VII MTs Al-Ridho T.P 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di
MTs Al-Ridho, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs
Al-Ridho yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan lembar
observasi siswa, lembar observasi guru serta tes siklus I dan siklus II yang
keduanya berjumlah 6 soal. Teknik analisis data melalui menghitung rata-rata
nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil observasi.
Dari hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan metode scaffolding
menunjukkan nilai hasil belajar pada test siklus I yaitu 80,6 dengan nilai teringgi
100 dan terendah 50 hasil ketuntasan 68%. Sedangkan pada test siklus II yaitu
91,2 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 65 dan hasil ketuntasan 92%. Dan
dengan kata lain dari siklus I dan siklus II meningkat. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa metode scaffolding terbukti dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa di kelas VII MTs Al-Ridho T.P 2020/2021. |
en_US |