dc.description.abstract |
Penulisan tugas sarjana ini membahas tentang analisa tegangan pada poros engkol
mesin xenia 1300cc 1NR dengan variasi diameter bantalan jalan, penelitian ini
dilakukan karena perkembangan transportasi di indonesia sangat pesat salah
satunya kendaraan ringan yaitu mobil, teknologi mesin mobil saat ini tidak
terlepas dari peran salah satu elemen mesin yaitu poros engkol atau crankshaft
menjadi satu komponen utama dalam satu mesin pembakaran 4 tak, oleh karena
itu poros engkol menjadi pusat pada setiap gerakan piston. Pada umumnya poros
engkol berbahan besi cor harus dapat menampung momen inersia yang dihasilkan
oleh gerakan naik turun piston. Sehingga fungsi utama dari poros engkol
mengubah gerak putar menjadi gerak naik turun piston untuk menghasilkan
sebuah tenaga. Dan adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana menganalisa
struktur poros engkol dengan menggunakan program simulasi Ansys dengan
variasi diameter bantalan jalan dari ketiga model poros engkol yang di desain.
Serta penelitian ini bertujuan untuk mencari total deformasi dan tegangan
maksimal dari ketiga model poros engkol yang di desain. Penelitian ini
menggunakan metode elemen hingga atau simulasi software Ansys. Adapun
sumber data yang digunakan berasal dari jurnal-jurnal dan buku-buku serta situs
internet yang membahas tentang analisa modal dan poros engkol. Berdasarkan
analisa dan simulasi yang dilakukan diperoleh data bahwa model poros engkol
dengan diberi beban 2800N pada poros engkol model ke 3 dengan diameter
bantalan jalan 36mm memiliki nilai total deformasi yang paling rendah begitu
juga dengan nilai tegangan pada eqivalen stress yang didapat dari pengujian
ketiga model poros engkol tersebut dan dapat diartikan nilai total deformasidan
tegangan eqivalen berbanding lurus, dapat disimpulkan bahwa model poros
engkol yang berdiameter bantalan jalan paling kecil memiliki perubahan total
deformasi dan eqivalen stress paling kecil. |
en_US |