dc.description.abstract |
Matematika merupakan salah satu komponen dari serangkaian mata
pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam pendidikan. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran
matematika berbasis edutainment dan menguji tingkat kelayakan serta
keefektifan media pembelajaran matematika berupa game edukasi pada materi
aritmatika sosial menggunakan construct 2.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan
dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran matematika
berupa game edukasi.Kelayakan media dikatakan valid oleh ahli materi dan
ahli media mendapatkan respon yang baik. Berdasarkan analisis data nilai ratarata yang diperoleh dari ahli materi 3,8 dan ahli media 4,5. Dari hasil tersebut
dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran matematika memenuhi syarat
kevalidan dari media pembelajaran dengan rata-rata keseluruhannya sebesar
4,25 termasuk dalam kategori baik. |
en_US |