dc.description.abstract |
Bahan ajar yang terlalu monoton dan tidak memiliki warna pada LKPD
yang saat ini digunakan banyak siswa disekolah membuat siswa kurang tertarik
untuk melihat bahkan membacanya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan
LKPD Matematika dengan menggunakan Model Learning Cycle 5E pada materi
pangkat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) menggunakan
model 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun
dimodifikasi menjadi 3-D karena media penerapannya tidak sampai penyebaran.
Instrumen penelitian adalah angket uji kelayakan RPP dan angket uji kelayakan
LKPD. Berdasarkan hasil validasi Ahli, dari hasil penilaian akhir pada validasi
RPP oleh ketiga ahli dengan rata-rata 4,4 dengan persentase 88,5% yaitu kategori
Sangat layak. Hasil penilaian akhir pada validasi LKPD oleh ketiga ahli dengan
dengan rata-rata skor 4,3 dengan persentase 87,3% yaitu kategori Sangat layak.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar
Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Learning Cycle 5E Pada Materi
Pangkat sangat layak digunakan. |
en_US |