dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika
berbasis Unity of sciences. Subjek penelitian ini adalah tiga ahli yang terdiri dari
1 dosen matematika dan 2 guru dari SMP Muhammadiyah 57 Medan. Sedangkan
objekya adalah modul pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan
kelas VII. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya modul berbasis Unity of
sciences yang dikembangkan mengikuti model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
utama, yaitu (A)nalysis, (D)esain, (D)evelopment, (I)mplementation, dan
(E)valuation. Modul ini diuji kevalidannya oleh tiga ahli yaitu 1 dosen pendidikan
matematika nilai presentasi 89,23% dan 2 guru dan memperoleh rata-rata
persentase 98,46% dan 95,38%, Validasi oleh validator 3 menyatakan bahwa
modul dalam kategori valid dengan tingkat pencapaian 94,35% dengan kategori
sangat valid dan perlu dilakukan sedikit revisi. Hasil kepraktisan modul diperoleh
dari penilaian tanggapan guru yang memperoleh rata-rata nilai 4.85 dan 4,55 maka
rekapitulasi oleh 2 guru berdasarkan angket tanggapan guru rata-rata adalah 4,7
dari skor maksimal 5 dengan kategori baik, sehingga modul praktis untuk
digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dinyatakan bahwa modul
pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan kelas VII SMP berbasis
Unity of sciences memiliki kualitas yang baik |
en_US |