dc.description.abstract |
Tingkat kemampuan berpikir logis yang dimiliki oleh setiap peserta didik
berbeda-beda. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir logis peserta didik.
Penggunaan model pembelajaran Quantum merupakan model pembelajaran yang
menekankan, “bawalah mereka ke dunia kita, antarkan dunia kita ke dunia
mereka.” Dengan kata lain, kita mengajak peserta didik sepenuhnya memusatkan
perhatian mereka pada materi yang sedang dipelajari tanpa diikuti rasa tertekan.
Quantum merupakan salah satu upaya alternatif yang dapat memaksimalkan
kemampuan berpikir logis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas eksperimen
yang diajarkan melalui model pembelajaran quantum efektif terhadap siswa dan
untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berpikir logis matematis
pada siswa menggunakan model pembelajaran quantum pada siswa kelas VII
SMPN 43 Medan tahun pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 43 Medan tahun pelajaran 2020/2021.
Desain penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan pada satu
kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan setara dengan model
pembelajaran yang berbeda. Dari enam kelas dipilih sampel secara acak sebagai
kelas eksperimen yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran
Quantum. Data hasil penelitian digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 43
Medan model pembelajaran Quantum efektif terhadap kemampuan berpikir logis
matematis siswa pada materi himpunan dan dari data yang diperoleh melalui uji
gain bahwa hasil dari kelas eksperimen dengan memanfaatkan model
pembelajaran Quantum mendapatkan peningkatan 57%, dengan kesimpulan
bahwa model pembelajaran quantum cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir logis matematis siswa SMPN 43 Medan |
en_US |