dc.description.abstract |
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berupa modul
pembelajaran matematika pada materi perbandingan. Penelitian ini menggunakan
model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design),
tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun,
karena keterbatasan waktu peneliti, maka penelitian pengembangan ini hanya sampai
pada tahap pengembangan (development) saja. Berdasarkan analisis penilaian RPP
(IPPP-1) oleh validator kelayakan yaitu dosen ahli materi dan 2 guru matematika
diperoleh skor 3 dengan kriteria “Baik”. Selain itu, berdasarkan analisis penilaian
modul pembelajaran (IPPP-2) oleh validator yaitu 1 dosen ahli materi dan 2 guru
matematika diperoleh skor rata rata total 3,4 dengan kriteria “Baik”. Kemudian modul
diuji kelayakannya dan diperoleh skor rata rata total 4,1 dengan kriteria “menarik”.
produk pengembangan akan berakhir saat skor penilaian terhadap media
pembelajaran ini apabila telah memenuhi syarat kelayakan dengan tingkat kesesuaian
materi, kelayakan media, dan kualitas teknis pada modul Produk yang dihasilkan dari
penelitian ini adalah modul pembelajaran matematika pada materi perbandingan yang
dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar agar dapat belajar secara
mandiri dengan bantuan seminimal mungkin dari pendidik dan dapat membantu
siswa dalam mempelajari materi perbandingan |
en_US |