Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Elytardi, Riza
dc.date.accessioned 2020-11-26T04:30:52Z
dc.date.available 2020-11-26T04:30:52Z
dc.date.issued 2018-04-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14187
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 dengan menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science)?. (2) Untuk mengetahui Apakah penerapan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018?. Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 3 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II. Yang masing masing terdiri dari 7, 10 dan 10 soal. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 yang berjumlah 30 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 30 orang siswa pada siklus I 18 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 60% pada siklus I ini yang menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan harus dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 26 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 86,67% pada siklus II ini yang menjadi tujuan penelitian ini sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) pada pokok bahasan Aritmetika Sosial terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-2 di SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject CLIS en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account