dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Bagaimana hasil
belajar matematika siswa pada pokok bahasan Aritmetika Sosial kelas VII-2 SMP
Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 dengan menggunakan model
Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science)?. (2) Untuk mengetahui
Apakah penerapan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science)
dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan
Aritmetika Sosial kelas VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018?.
Instrumen yang digunakan adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang
berbentuk uraian sebanyak 3 tes yaitu tes awal, tes siklus I, tes siklus II. Yang
masing masing terdiri dari 7, 10 dan 10 soal. Subjek penelitian ini siswa kelas
VII-2 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018 yang berjumlah 30 orang,
sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan model Pembelajaran
CLIS (Children Learning In Science) untuk meningkatkan hasil belajar
matematika siswa. Hasil penelitian ini dari 30 orang siswa pada siklus I 18 siswa
yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 60% pada siklus I ini yang
menjadi tujuan penelitian ini belum tercapai dan harus dilanjutkan pada siklus II.
Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 26 siswa yang
mencapai ketuntasan hasil belajar yaitu 86,67% pada siklus II ini yang menjadi
tujuan penelitian ini sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) pada
pokok bahasan Aritmetika Sosial terjadi peningkatan hasil belajar matematika
pada siswa kelas VII-2 di SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018. |
en_US |