dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Swasta PTPN IV Bah Jambi dengan menerapkan
permainan Bingo matematika pada proses pembelajaran. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dan setiap
siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini
adalah lembar observasi aktivitas, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran aktif
metode permainan Bingo dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa.
Hal ini dapat terlihat dari aktivitas belajar matematika siswa yang meningkat
sebesar 11%, berdasarkan data diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar
matematika siswa pada siklus I yaitu sebesar 65%, dan rata-rata persentase aktivitas
belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 76%. Penerapan pembelajaran aktif
metode permainan Bingo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat
terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 70, sedangkan rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus II yaitu sebesar 90. Rata-rata nilai pada siklus II
mengalami peningkaatan dari siklus sebelumnya. Selain itu, pada silus I masih ada
siswa yang mendapat nilai dibawah KKM yang ditetetapkan yaitu 70, namun pada
siklus II nilai terendahnya adalah 80 dan sudah tidak ada lagi siswa yang mendapat
nilai dibawah KKM. Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode
permainan Bingo dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan karena
belajar matematika jadi tidak membosankan tetapi justru menyenangkan dan
menantang, dimana matematika menjadi permainan bukan pekerjaan atau tugas
siswa juga jadi lebih tertarik karena dengan permainan siswa dapat termotivasi
untuk bersaing sehat terhadap teman-temannya. |
en_US |