Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Arias Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 H.Perak T.P. 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Syahnanda, Rinas
dc.date.accessioned 2020-11-23T03:52:39Z
dc.date.available 2020-11-23T03:52:39Z
dc.date.issued 2020-08-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14043
dc.description.abstract Pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak oleh karena itu proses pembelajarannya membutuhkan perhatian serius dari semua pihak seperti, guru, lingkungan sekolah, wali peserta didik, dan lingkungan bermain di rumah, karena pembelajaran matematika merupakan proses dimana siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Peran beberapa pihak tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hasil ujian harian siswa yang masih berada dibawah nilai KKM pada pelajaran matematika. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini adalah bagaiman agar siswa mampu berperan aktif dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Hal itu perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengajar, Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran ARIAS. Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) adalah usaha pertama dalam kegiatan pembelajaran untuk menanamkan rasa yakin/percaya pada siswa. Kegiatan pembelajaran ada relevansinya dengan kehidupan siswa, berusaha menarik dan memelihara minat/perhatian siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 H.Perak T.P 2020/2021. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Popoulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 H.Perak. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-3 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 72siswa. Teknik pengambilan data dengan metode Observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar siswa dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Negeri 1 H.Perak lebih baik dari pada dikelas kontrol, Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis dengan thitung > ttabel pada taraf α = 0,05 yaitu thitung (5.705) > ttabel (1.994). Hal ini berati Maka Ho ditolak dan Ha diterima en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Assurance en_US
dc.subject Relevance en_US
dc.subject Interest en_US
dc.subject Assessment en_US
dc.subject Satisfaction en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Arias Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 H.Perak T.P. 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account