dc.description.abstract |
Pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak oleh karena
itu proses pembelajarannya membutuhkan perhatian serius dari semua pihak
seperti, guru, lingkungan sekolah, wali peserta didik, dan lingkungan bermain di
rumah, karena pembelajaran matematika merupakan proses dimana siswa secara
aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Peran beberapa pihak tersebut
sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran matematika. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya hasil ujian harian siswa yang masih berada dibawah nilai
KKM pada pelajaran matematika. Salah satu cara dalam mengatasi keadaan ini
adalah bagaiman agar siswa mampu berperan aktif dalam mengembangkan
kemampuan yang dimilikinya.
Hal itu perlu adanya strategi guru dalam proses belajar mengajar, Untuk
mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai.
Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu untuk meningkatkan hasil
belajar siswa adalah model pembelajaran ARIAS. Model pembelajaran ARIAS
(Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) adalah usaha pertama
dalam kegiatan pembelajaran untuk menanamkan rasa yakin/percaya pada siswa.
Kegiatan pembelajaran ada relevansinya dengan kehidupan siswa, berusaha
menarik dan memelihara minat/perhatian siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh yang signifikan Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance,
Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA
Negeri 1 H.Perak T.P 2020/2021.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen. Popoulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X MIA SMA Negeri 1 H.Perak. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik
simple random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA-1 sebagai
kelas eksperimen dan X MIA-3 sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 72siswa.
Teknik pengambilan data dengan metode Observasi,tes dan dokumentasi. Analisis
data hasil belajar siswa dengan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada
model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment,
Satisfaction) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Negeri 1 H.Perak
lebih baik dari pada dikelas kontrol, Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis
dengan thitung > ttabel pada taraf α = 0,05 yaitu thitung (5.705) > ttabel (1.994). Hal ini berati
Maka Ho ditolak dan Ha diterima |
en_US |