Research Repository

Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) Pada Siswa SMP Negeri 1 Padang Tualang T.P 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Juliyanti
dc.date.accessioned 2020-11-23T01:55:47Z
dc.date.available 2020-11-23T01:55:47Z
dc.date.issued 2020-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14016
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan LKPD berbasis model kooperatif think pair share memenuhi kriteria valid, layak dan baik untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) yang valid, layak dan baik untuk digunakan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tualang yang berjumlah 6 orang dan tiga ahli yang terdiri dari dua dosen ahli dan satu guru matematika sebagai validator kevalidan LKPD dan RPP. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis kooperatif TPS (Think – Pair – Share) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian pengembangan ini (Research and Development) menggunakan model ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementsi) dan Evaluation (evaluasi). Tetapi peneliti hanya membatasi sampai tahap Development (pengembangan). Tahap Analysis (analisis) merupakan tahap pengumpulan informasi. Tahap Design (desain) yaitu tahap penyusunan desain produk LKPD, terakhir yaitu tahap Development (pengembangan) yang dilakukan pada tahap ini adalah pengembangan RPP, pengembangan LKPD, Validasi ahli, Revisi dan Uji coba kelompok kecil. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa LKPD berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) yang valid untuk digunakan di SMP Negeri 1 Padang Tualang pada materi sistem persamaan linear dua variabel, berdasarkan hasil penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) didapat presentase sebesar 93% kategori sangat valid dan presentase RPP sebesar 91,25% juga kategori sangat valid. Kelayakan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari tes hasil belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 83,3%, sehingga LKPD layak digunakan, dan respon siswa yang diperoleh sebesar 89,79% dengan katogeri baik en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject LKPD en_US
dc.subject Kooperatif TPS (Think – Pair – Share). en_US
dc.title Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kooperatif TPS (Think – Pair – Share) Pada Siswa SMP Negeri 1 Padang Tualang T.P 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account