dc.description.abstract |
Kemampuan menulis teks drama tanpa menggunakan media film animasi
pantomim Charlie Chaplin dan dengan menggunakan media film animasi
pantomim Charlie Chaplin pada siswa kelas VIII MTs M Silaping Kabupaten
Pasaman Barat memperoleh nilai rata–rata 57,14 dalam kategori cukup pada
kelas kontrol dan 83,51 dalam kategori baik sekali pada kelas eksperimen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Film Animasi
Pantomim Charlie Chaplin terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa
Kelas VIII MTs M Silaping Kabupaten Pasaman Barat Tahun pembelajaran
2020/2021. Metode dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimental
Design dengan model Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 yang
berjumlah 27 siswa dan kelas VIII-5 yang berjumlah 28 siswa MTs M Silaping
Kabupaten Pasaman Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
menggunakan tes esai (Post-Test) dengan teknik analisis data menggunakan uji
t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media film animasi
pantomim Charlie Chaplin terhadap kemampuan menulis teks drama siswa oleh
siswa kelas VIII MTs M Silaping Kabupaten Pasaman Barat. Hal ini dapat
dilihat dati nilai thitung yang lebih besar dari ttabel (10,725 > 1,674) dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima dan
dapat dibuktikan kebenarannya. |
en_US |