dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kemampuan bahasa anak
Di RA Al Washliyah Bah joga Simalungun dan pengelolaan kelas yang belum
tepat. Rumusan masalah yang diteliti adalah Bagaimana meningkatkan
kemampuan dasar berbahasa menggunakan media stick huruf di RA Al Washliyah
Bah joga Simalungun.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa
menggunakan media stick huruf. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan
cara penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 3 Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu,
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek peneltitian ini adalah siswa RA Al Washliyah Bah joga
Simalungun. Instrumen penilaian yang digunakan adalah observasi dan tanya
jawab, analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang dapat
dilihat dari kategori predikat tingkat keberhasilan proses pembelajaran bahasa
anak.
Hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan. Sebelumnya
dilakukan tindakan pra siklus dengan skor persentase 45 %,dilanjutkan ke siklus
1 dengan hasil persentase 55 %, dan pada siklus ke 2 mengalami peningkatan
menjadi 70 % dan pada siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 85 %. Setelah
dilakukan penelitian yang dimulai dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, dan 3
maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media stick guruf dapat
meningkatkan kemampuan bahasa anak di RA Al Washliyah Bah joga
Simalungun. |
en_US |