dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini
dilaksanakan di RA Nurul Kamka Binjai, Tahun Ajaran 2017/2018 pada
kelompok B dengan jumlah 15orang anak yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki
dan 10 orang anak perempuan.
Penelitian ini didasarkan pada kemandirian anak ketika melakukan
permainan yang belum berkembang sesuai harapan. Salah satu cara atau
langkah yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kemandirian anak yaitu
melalui kegiatan bermain kelompok.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak
melalui kegiatan bermain kelompok di RA Nurul Kamka Binjai. Dalam
pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, dan pada setiap
siklusnya harus melalui tahapan-tahapan penelitian yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Dari hasil observasi ditiap siklusnya diketahui bahwa telah terjadi
peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan bermain kelompok yaitu sebelum
tindakan dilaksanakan dimana persentase keberhasilannya hanya mencapai
26,7%. Persentase keberhasilan anak pada siklus I meningkat menjadi 48,9%,
pada siklus II juga terjadi peningkatan menjadi 66,7% dan penelitian dihentikan
pada siklus III karena keberhasilan anak telah mencapai rata-rata nilai yang
telah ditentukan yaitu 91,1%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
telah terjadi peningkatan kemandirian anak melalui kegiatan bermain kelompok
di RA Nurul Kamka Binjai. |
en_US |