dc.description.abstract |
Penelitian yang berjudul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK
MENGHAFAL DOA SEHARI-HARI MELALUI METODE PEMBELAJARAN
STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION DI RA PESANTREN MODERN
DAAR AL-ULUM KECAMATAN KISARAN BARAT KABUPATEN ASAHAN dilatar
belakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan anak menghafal doa sehari- hari di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten
Asahan ini disebabkan karena anak belum terbiasa mempraktekkan doa sehari-hari
dan kurang maksimalnya guru dalam mengajarkan menghafal doa sehari-hari huruf.
Penelitian dalam bentuk tindakan kelas ini (PTK) bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan anak menghafal doa sehari-hari melalui metode pembelajaran student
team achievement division di RA Pesantren Modern Daar Al-Ulum Kecamatan
Kisaran Barat Kabupaten Asahan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan
tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa melalui metode pembelajaran student team achievement
dapat meningkatkan kemampuan anak menghafal doa sehari-hari. Peningkatan
tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari
tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan
minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan anak
mengenal huruf yaitu pada pra siklus 23,3%, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%,
siklus 2 rata-ratanya 71,6 dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah
84,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode
pembelajaran student team achievement division dapat meningkatkan kemampuan
anak menghafal doa sehari-hari. |
en_US |