dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model
pembelajaran Take And Give efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VII SMP Swasta Budi Agung Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test.
Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel penelitian.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan. Adapun sampel
dalam penelitian ini dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 SMP Swasta Budi
Agung medan berjumlah 30 siswa dan sebagai kelas kontrol, kelas VII-2 SMP
Swasta Budi Agung Medan berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata kelas kontrol pada pre-test yaitu hasil
belajar matematika siswa sebesar 46 dengan simpangan baku sebesar 9,04 dan
rata-rata hasil belajar matematika siswa pada pos-test yaitu sebesar 63,33 dengan
simpangan baku sebesar 7,23. Sedangkan rata-rata kelas eksperimen pada pre-test
sebesar 51,1 dengan simpangan baku 9,9 dan rata-rata hasil belajar matematika
siswa pada post-test sebesar 83,3 dengan simpangan baku sebesar 7,2. Pada uji t
diperoleh thitung=11,8, pada taraf signifikasi 0,05 dengan n=30 didapat
harga=2,001717. Karena thitung>tabel maka ditolak. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Take And Give efektif untuk
meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP Swasta Budi Agung
Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. |
en_US |