dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan meningkatkan
hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Active Knowledge
Sharing. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Binjai Kab. Langkat
kelas XIPA1 yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari :1)
Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3)Pengamatan, 4)Refleksi. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik soal tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar
observasi dan soal-soal tes dari google from. Teknik analisis data menggunakan
teknik kualitatif. Setelah penelitian tindakan kelas dilakukan, maka terlihat
peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil pretes dimana siswa yang
tuntas 14 orang (38,89) dari jumlah siswa 36 orang dan setelah dilakukan postes
pada siklus I, maka jumlah siswa yang tuntas meningkatkan hasil belajar siswa
menjadi 31 orang (86,11%) dan hanya 5 orang (13,89%) yang tidak tuntas. Pada
siklus I ketuntasan belajar secara klasial telah tercapai.Sedangkan hasil observasi
kegiatan mahasiswa selama model Active Knowledge Sharing pada siklus I telah
mencapai standar minimal yang diharapkan yaitu 75%. Ketuntasan aktivitas
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 5 orang
(13,89%) untuk kriteria tidak baik, 22 orang (61,11%) untuk kriteria cukup, 8
orang (22,22%) untuk kriteria baik dan 1 orang (2,78%) untuk kriteria sangat
baik. Sementara pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 2 orang (5,55%)
untuk kriteria tidak baik, 20 orang (55,55%) untuk kriteria cukup, 10 orang
(27,78%) untuk kriteria baik dan 4 orang (11,12% untuk kriteria sangat baik.
Maka model Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan. |
en_US |