dc.description.abstract |
Kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas anak melalui penerapan aktivitas hasta
karya di Raudhatul Athfal Insan Ikhlash Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang masih rendah
sehingga anak belum kurang termotivasi dalam belajar. Terbukti dari rendahnya kreativitas anak dalam
penyelesaian tugasnya. Selama ini metode pembelajaran yang dilakukan masih konvensional.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat kolaburatif antara peneiti, guru,
dan Kepala Sekolah. Subjek penelitian ini adalah anak RA Insan Ikhlash Percut Sei Tuan Kabupaten Deli
Serdang Tahun Ajaran 2015-2016.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan
data analisis melalui observasi, tes,dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui dua
siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian penerapan aktivitas hasta karya melalui kreativitas anak terlihat dari observasi pra
penelitian 37,50% siklus I naik 58,75%, siklus II meningkat menjadi 82,50%.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan aktivitas hasta karya dapat menigkatkan kreativitas
anak RA Insan Ikhlash Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang |
en_US |