Research Repository

: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) terhadap Kemampuan Menganalisis Kesalahan Penulisan Karangan Persuasi oleh Siswa Kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Skripsi. Medan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2017.

Show simple item record

dc.contributor.author Setio., Onggo
dc.date.accessioned 2020-11-19T02:51:51Z
dc.date.available 2020-11-19T02:51:51Z
dc.date.issued 2017-04-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13602
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) kemudian untuk mengetahui penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Tujuan akhir penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah), terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilakukan di SMK PAB 8 SAMPALI di kelas XI. Populasi penelitian ini berjumlah 121 siswa dan sampel diambil dengan mengunakan teknik random sampling (acak kelas) sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 dan kelas XI-4 sebagai kelas kontrol berjumlah 30. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa mengemukakan kembali isi berita, dengan teknik ini peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola hasil data yang diperoleh siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis rangkuman. Hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji hipotesis, maka dapat diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan siswa merangkum isi buku ilmu populer yang diajarkan dengan menggunakan teknik pantau, pangkas, padukan, panggil dan menggunakan metode ceramah, hal ini dilihat dari perbandingan nilai rata-rata yaitu pada kelas kontrol nilai rata-rata diperoleh 49,10 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 97,63. Selanjutnya, dalam pengujian hipotesis diperoleh harga thitung>ttabel (2,38>1,671) artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah), terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran en_US
dc.subject Problem Based Instruction en_US
dc.title : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) terhadap Kemampuan Menganalisis Kesalahan Penulisan Karangan Persuasi oleh Siswa Kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Skripsi. Medan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 2017. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account