dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan model
pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
kemudian untuk mengetahui penggunaan metode ceramah terhadap kemampuan
menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8
SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. Tujuan akhir penelitian ini adalah
penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (Pembelajaran
Berdasarkan Masalah), terhadap kemampuan menganalisis kesalahan penulisan
karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8 SAMPALI Tahun Pembelajaran
2016-2017.
Penelitian ini dilakukan di SMK PAB 8 SAMPALI di kelas XI. Populasi
penelitian ini berjumlah 121 siswa dan sampel diambil dengan mengunakan teknik
random sampling (acak kelas) sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu
kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 dan kelas XI-4 sebagai kelas
kontrol berjumlah 30. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu
cara suatu penelitian yang menunjukkan pengaruh suatu metode pembelajaran
terhadap hasil belajar siswa mengemukakan kembali isi berita, dengan teknik ini
peneliti menggunakan harga pada Ttabel sebagai langkah-langkah dalam mengelola
hasil data yang diperoleh siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes
menulis rangkuman. Hasil penelitian yang dihitung menggunakan uji hipotesis, maka dapat
diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan
siswa merangkum isi buku ilmu populer yang diajarkan dengan menggunakan teknik
pantau, pangkas, padukan, panggil dan menggunakan metode ceramah, hal ini dilihat
dari perbandingan nilai rata-rata yaitu pada kelas kontrol nilai rata-rata diperoleh
49,10 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 97,63. Selanjutnya, dalam pengujian
hipotesis diperoleh harga thitung>ttabel (2,38>1,671) artinya nilai thitung lebih besar dari
ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem
Based Instruction (Pembelajaran Berdasarkan Masalah), terhadap kemampuan
menganalisis kesalahan penulisan karangan persuasi oleh siswa kelas XI SMK PAB 8
SAMPALI Tahun Pembelajaran 2016-2017. |
en_US |