dc.description.abstract |
Observasi awal pada kelasVIII-A di SMP Baitul Aziz Bandar Klippa
Tembung menunjukkan rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam
mengerjakan soal-soal matematika dalam mengerjakan soal-soal matematika dalam
bentuk essay. Hasil observasi kelas menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang
memahami soal dalam bentuk essay, sehingga mereka kesulitan dalam memecahkan
soal-soal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam
pelajaran matematika dengan materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar setelah
diterapkan model pembelajaran Inquiry Training. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII-A sebanyak 30 siswa.
Model pengumpulan data yang digunakan adalah post-test kelas kontrol dan
post-test kelas eksperimen. Hasil post-test kelas kontrol dijadikan parameter
pengukur hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran Inquiry
Training dan hasil post-test kelas eksperimen merupakan parameter pengukur hasil
belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Training.
Berdasarkan data yang telah diolah pada saat post-test kelas kontrol
diperoleh nilai rata-rata 72,66 dan setelah diberikan model pembelajaran Inquiry
Training saat diadakan post-test kelas eksperimen sebesar 80,33. Peningkatan nilai
rata-rata tersebut menandakan bahwa setelah diberikan model pembelajaran Inquiry
Training, hasil belajar siswa cenderung meningkat atau jauh lebih baik.
Dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh
dan pada taraf 5%, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan
bahwa : model pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIII A SMP Baitul Aziz Bandar Klippa Tembung, diterima. |
en_US |