dc.description.abstract |
mengadakan percobaan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya.
Misalnya balon ditiup, warna dicampur, air dipanaskan, tanaman disirami atau
tidak disirami, dan lain-lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Meningkatkan
Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Anak Pada
Anak Kelompok B Di RA Nurul Yaqin?”.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berfikir kreatif anak dalam
melakukan kegiatan bereksperimen pada kegiatan kelompok B Di RA Nurul
Yaqin. Yang beralamat di Jl. Bukit Barisan I No.74 Kelurahan Glugur Darat I
Kec. Medan Timur Kab. Medan Propinsi Sumatera Utara . Objek dalam penelitian
ini adalah kelompok B yang terdiri dari 15 anak yaitu 8 orang anak laki-laki dan 7
orang anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan empat tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan
instrumen observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) , hasil
penelitian PTK mengenai penerapan metode Eksperimen untuk meningkatkan
berfikir kreatif anak pada anak pada saat Pra siklus 33% tergolong masih sangat
rendah, pada siklus 1 naik mencapai 62.3%, siklus 2 meningkat mencapai 64.7%
dan pada siklus 3 naik mencapai 82.3%. Hasil pelaksanaan PTK siklus pertama,
kedua dan ketiga dapat di simpulkan bahwa kegiatan yang di lakukan melalui
metode Eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif anak di
kelompok B RA Nurul Yaqin Medan. |
en_US |