Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemmapuan Kognitif Anak Melalui Permainan Matematika di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Desi
dc.date.accessioned 2020-11-18T04:49:37Z
dc.date.available 2020-11-18T04:49:37Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13181
dc.description.abstract Kognitif merupakan tingkah laku yang mengakibatkan orang memperoleh pengetahuan atau yangdibutuhkan untuk menggunakan pengetahuan. Perkembangan kognitif menunjukan perkembangan dari cara anak berpikir untuk menyelesaikan berbagai masalah dapat dipergunakan sebagai tolak ukur pertumbuhan kecerdasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan kognitif anak pada kelompok B di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun. Ditemukan permasalahannya yaitu masih banyak anak yang belum mampu mencapai indikator kemampuan kognitif khususnya dalam permainan matematika. Hal ini disebabkan karena proses belajar yang masih bersifat konvensional, dimana guru masih menggunakan media buku yang menjenuhkan. penyebab yang mengakibatkan kondisi awal sehingga kemampuan kognitif anak kurang maksimal . Terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah kegiatan permainan matematika dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan permainan matematika pada anak kelompok B RA Rohman Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisa pada pra siklus diketahui bahwa kemampuan kognitif anak anak khususnya dalam kegiatan permainan matematika rata-rata hanya sebesar 30,00%, sedangkan pada siklus 1 sebesar 45,00% , pada siklus 2 sebesar 67,50% dan pada siklus 3 kemampuan kognitif anak sudah meningkat yaitu rata-rata sebesar 81,25%. Berdasarkan data tersebut maka peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan permainan matematika dikatakan berhasil, makadengan ini dinyatakan bahwa hipotesis dapat diterima. en_US
dc.subject kognitif en_US
dc.subject permainan en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemmapuan Kognitif Anak Melalui Permainan Matematika di RA AR Rohman Kabupaten Simalungun Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account