dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya kecerdasan naturalis anak di
RA Addakwah Serdang Bedagai dan kurang maksimal dalam menggunakan alat peraga.
Rumusan masalah yang diteliti adalah Bagaimana meningkatkan kecerdasan naturalis
anak Melalui Alat Peraga Edukatif Di RA Addakwah Serdang Bedagai. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak Melalui Alat Peraga
Edukatif.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas,yang terdiri dari 3
Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subjek peneltitian ini adalah anak RA Addakwah Serdang Bedagai d. Instrumen
penilaian yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif yang dapat dilihat dari kategori predikat tingkat keberhasilan
proses pembelajaran berbahasa anak.
Hasil penelitian yang diperoleh mengalami peningkatan.Sebelumnya dilakukan
tindakan prasiklus dengan persentase 35 %,dilanjutkan ke siklus 1 dengan persentase
50 %, siklus ke 2 75 % dan pada siklus ke 3 mengalami peningkatan menjadi 87 %.
Setelah dilakukan penelitian yang dimulai dari pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan
siklus 3 maka dapat disimpulkan bahwa Melalui Alat Peraga Edukatif animasi dapat
meningkatkan kecerdasan naturalis anak di RA Addakwah Kab. Serdang Bedagai
Kata kunci : , |
en_US |