Research Repository

Analisa Pengaruh Variasi Celah Elektroda Busi Terhadap Performa Sepeda Motor Honda New Supra Fit 100 CC

Show simple item record

dc.contributor.author Purba, Irvan Nurhadi
dc.date.accessioned 2020-11-18T03:57:31Z
dc.date.available 2020-11-18T03:57:31Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13097
dc.description.abstract Perkembangan teknologi pada kendaraan bermotor untuk meningkatkan performa mesin bisa didapatkan dengan memaksimalkan pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Hal ini dapat dilakukan dengan memaksimalkan kinerja dari percikan bunga api dari busi agar campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar dengan sempurna. Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan kinerja motor menjadi meningkat. Meningkatnya performa sepeda motor dipengaruhi oleh celah elektroda busi. Metode pengujian yang dilakukan menggunakan celah elektroda busi 0,70 mm, 0,90 mm, dan 0,50 mm pada putaran 5000 sampai 9000 rpm, terhadap Daya, terhadap Torsi, terhadap Konsumsi Bahan Bakar, terhadap Voltase dan terhadap Ampere. Pada hasil pengujian Torsi (N.m), Daya (Watt), Konsumsi Bahan Bakar (gr/kw,detik), Voltase (Volt), dan Arus (Ampere) pada kinerja mesin 4 langkah Honda Supra Fit 100 cc dengan menggunakan 3 variasi celah elektroda busi didapat hasil Celah Elektroda Busi 0,50 mm memiliki nilai Torsi, Daya, Voltase, dan Ampere tertinggi dengan besar Torsi 5,1993 N.m, Daya 2721,35 Watt, Voltase 61,72 Volt, dan Arus 44,09 Ampere pada putaran mesin 5000 rpm. Sedangkan pada Konsumsi Bahan Bakar berdasarkan 3 variasi celah elektroda busi didapat hasil Celah Elektroda Busi 0,90 mm memiliki nilai tertinggi dengan besar 0,16 gr/kw.detik. en_US
dc.subject Dynotest/dynamometer en_US
dc.title Analisa Pengaruh Variasi Celah Elektroda Busi Terhadap Performa Sepeda Motor Honda New Supra Fit 100 CC en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account