Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Kegiatan Bermain Pasir Di Kelompok B RA ROBBANI Rantauprapat

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhalimah
dc.date.accessioned 2020-11-18T03:33:50Z
dc.date.available 2020-11-18T03:33:50Z
dc.date.issued 2017-03-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13061
dc.description.abstract Berdasarkan uraian tersebut diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan kerja sama melalui kegiatan bermain pasir pada anak Kelompok B di RA Robbani Rantauprapat”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kerja sama anak kelompok B di RA Robbani Rantauprapat melalui kegiatan bermain pasir. Untuk mengembangkan kemampuan kerja sama dalam diri anak, guru di sekolah dapat menggunakan beberapa cara atau langkah-langkah untuk menumbuhkan kemampuan kerja sama anak. Mengenalkan permainan yang bersifat kerja sama Guru dapat menentukan permainan yang bersifat kerja sama yang melibatkan 4- 10 anak. Misalnya sepak bola, menyusun balok, bakiak, estafet, dan menyusun puzzle angka. Kegiatan bisa dikompetisikan, yang paling cepat menyelesaikan permainan adalah kelompok pemenang. Penguatan positif ini akan mendorong anak mau mengulangi perbuatan baiknya tersebut. Pada aktivitas berikutnya, peneliti mengajak anak – anak untuk memeprhatikan pasir sebagai media yang disediakan untuk memegang dan boleh mengambilnya untuk di cetak.Setelah anak – anak memegang pasir dan mencetak pasirnya, maka guru memberikan penguatan tentang manfaat pasir kepada anak – anak sambil bermain.Setelah anak diajak bermain maka peneliti melakukan uji coba pada kemampuan anak nuntuk mengenal masing – masing anak sebagai bahan penilaian awal.Situasi yang terjadi pada kondisi awal menunjukkan kemampuan anak untuk bekerjasama sangat rendah. Pada tahap pra siklus ini, secara umum anak belum mampu mengambil suatu kesimpulan dari pemecahan masalah yang dihadapi, hal ini dikarenakan selama dalam pemebelajaran bekerjasama yang dilakukan oleh guru dengan bermain pasir. Setelah dilakukan penelitian tindakan yang dilakukan di Kelompok B RA Robbani Rantauprapat dapat disimpulkan bahwa trejadi peningkatan bekerjasama anak melalui kegaitan bermain pasir. Hal ini diketahui dari peningkatan kemampuan bekerjasama anak berdasarkan dari data pra siklus diperoleh rata – rata sebesar 37,37 %, siklus I meningkat menjadi 46,67 %, siklus II meningkat lagi emnjadi 75,55 %, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,34 %. en_US
dc.subject Kemampuan Bekerjasama en_US
dc.subject Kegiatan Bermain Pasir en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Melalui Kegiatan Bermain Pasir Di Kelompok B RA ROBBANI Rantauprapat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account