dc.description.abstract |
Performa mesin pada sepeda motor bawaan pabrik atau standar yang
dirasa kurang maksimal membuat pengguna sepeda motor memutuskan untuk
menggunakan produk-produk aftermarket untuk meningkatkan daya yang
dihasilkan mesin sepeda motor. Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan daya yang dihasilkan mesin sepeda motor bisa dilakukan dengan
memaksimalkan kinerja sistem pengapian guna memperoleh waktu pembakaran
yang tepat agar campuran bahan bakar dan udara bisa terbakar dengan
sempurna.Pembakaran yang sempurna akan menyebabkan kinerja motor menjadi
meningkat, sehingga daya yang dihasilkan mesin sepeda motor juga ikut
meningkat. Oleh karena itu penggunaan CDI racing sebagai komponen pengapian
yang bertugas untuk mengatur waktu pengapian dalam ruang bakar mesin
diharapkan mampu meningkatkan daya secara optimal. Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui daya yang dihasilkan sebuah
sepeda motor yang menggunakan CDI standar dan CDI racing (2) Untuk
mengetahui taorsi yang dihasilkan sebuah sepeda motor yang menggunakan CDI
standar dan CD Iracing (3) Untuk mengetahui konsumsi bahan bakar spesifik (4)
Untuk mengetahui perhitungan efisiensi thermal. Penelitian ini menggunakan
rancangan penelitian eksperimen. Obyek dalam penelitian ini adalah sepeda motor
supra x 125 bore up 150 cc. Alat pengujian yang di pakai adalah dynotest lalu
memasukan input data kedalam program arduino uno, serta mengaplikasikan ke
excel menggunakan software PLX DAQ untuk tempat menyimpan hasil data
pengujian dynotest. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa torsi maksimal yang
dihasilkan CDI standar pada putaran mesin 9187,5 rpm adalah 11242,26 N mm
dan yang dihasilkan CDI racing pada putaran mesin 6958,5 rpm adalah 17360,08
N mm, dan daya maksimal yang dihasilkan CDI standar pada putaran 9714 rpm
adalah 12,8 HP dan yang dihasilkan CDI racing pada putaran 9187,5 rpm adalah
25,1 HP.Untuk nilai bahan bakar spesifik, pada penelitian didapatkan hasil yang
variatif antara CDI standar dengn CDI racing, dan untuk hasil nilai efisiensi
thermal efektif pada penelitian didapatkan hasil yang variatif antara CDI standar
dengan CDI racing. Disarankan agar penggunaan CDI standar harus tetap
diterapkan pada sepeda motor standar karena memberikan dampak positif pada
sepeda motor. |
en_US |