Research Repository

Upaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada TK B RA ROBBANI Rantauprapat

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Fitri Lestari
dc.date.accessioned 2020-11-18T03:05:05Z
dc.date.available 2020-11-18T03:05:05Z
dc.date.issued 2017-03-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13031
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain peran di kelompok B RA ROBBANI Rantauprapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga Siklus. Subjek penelitian ini yaitu 17 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak meningkat melalui metode bermain peran. Anak menentukan peran yang diinginkannya sendiri, anak mampu berperan sesuai peran yang dimainkannya, mandiri dalam menggunakan peralatan bermain peran, anak mampu merapikan mainan setelah bermain peran. Hasil observasi pra siklus, sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Belum Berkembang (BB) 36,76%. Pasca Siklus I sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB) 44,11%. Pasca Siklus II kemandirian anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 79,40 dan pasca siklus III kemandirian anak berada pada 91,17% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). en_US
dc.subject kemandirian en_US
dc.subject anak en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kemandirian Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada TK B RA ROBBANI Rantauprapat en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account