dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain
peran di kelompok B RA ROBBANI Rantauprapat. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga Siklus. Subjek penelitian ini yaitu 17 anak
terdiri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif
dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian anak meningkat
melalui metode bermain peran. Anak menentukan peran yang diinginkannya sendiri,
anak mampu berperan sesuai peran yang dimainkannya, mandiri dalam menggunakan
peralatan bermain peran, anak mampu merapikan mainan setelah bermain peran. Hasil
observasi pra siklus, sebagian besar kemandirian anak berada pada kriteria Belum
Berkembang (BB) 36,76%. Pasca Siklus I sebagian besar kemandirian anak berada pada
kriteria Mulai Berkembang (MB) 44,11%. Pasca Siklus II kemandirian anak berada
pada kriteria Mulai Berkembang (MB) dan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 79,40
dan pasca siklus III kemandirian anak berada pada 91,17% dengan kriteria Berkembang
Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). |
en_US |