dc.description.abstract |
Analisis ini bertujuan untuk mengetahui torsi, daya dan konsumsi bahan
bakar spesifik dengan variasi diameter intake manifold dan bahan bakar premium
88 dan pertamax 92. Pengujian dilakukan pada sepeda motor mesin otto 110 cc
dengan menggunakan dyno test yang dilakukan dilaboratorium Fakultas Teknik
UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Pengujian dilakukan
secara bergantian untuk masing-masing intake manifold dan variasi bahan bakar
guna memperoleh perbandingan torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik
pada rata rata putaran mesin 3000, 6000, 8000, 10000 rpm. Dari hasil pengujian
didapatkan bahwa pada intake manifold 19,5 mm menghasilkan torsi yang
terbesar pada putaran 10542 rpm dengan nilai torsi 515 kg.mm, menghasilkan
daya yang terbesar pada putaran 10542 rpm dengan nilai daya 5,0 kW. Dan
untuk Pengujian pada intake manifold 21,5 mm menghasilkan torsi yang terbesar
pada putaran 10825 rpm dengan nilai torsi 547 kg.mm, menghasilkan daya yang
terbesar pada putaran 10825 rpm dengan nilai daya 5,9 kW. Pengujian pada
intake manifold 19,5 mm untuk konsumsi bahan bakar spesifik terbesar pada
putaran 3113 rpm dengan nilai konsumsi bahan bakar spesifik 0,09 kg/kW-hr
(premium), pada intake manifold 21,5 mm untuk konsumsi bahan bakar spesifik
terbesar pada putaran 3538 rpm dengan nilai konsumsi bahan bakar spesifik
0,07 kg/kW-hr (pertamax). Torsi dan daya pada kendaraan bermotor tidak
terletak pada rpm tertinggih melainkan pada rpm menengah. |
en_US |