dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan
anak menghafal surah An-Nas melalui metode pembelajaran membaca keras di RA AtTaqwa Sinunukan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak
menghafal surah An-Nas melalui metode pembelajaran Membaca Keras di RA At-Taqwa
Sinunukan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga
siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA At-Taqwa Sinunukan
dengan obyek anak-anak RA At-Taqwa Sinunukan yang berjumlah 20 orang anak yang
terdiri dari anak laki-laki berjumlah 6 orang dan anak perempuan 14 orang. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan
oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan anak dalam menghafal surah AnNas. Peningkatan kemampuan anak menghafal surah An-Nas meningkat secara bertahap
pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra
siklus yaitu 23 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan
anak menghafal surah An-Nas sebesar 66 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata
75 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas
sebesar 95 %. |
en_US |