dc.description.abstract |
Masalah penelitian ini adalah siswa tidak mampu menulis paragraf
argumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas
X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016-2017.
Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk
Pakam tahun pembelajaran 2016-2017 berjumlah 200 siswa terdiri dari 5 kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling kelas, kelas yang terpilih
menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas X-1 dan X-2 masing-masing 40 siswa.
kelas X-1 belajar menggunakan model pembelajaran think talk write sedangkan X-2
belajar menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, instrumen yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah tes esai. Hipotesis dibuktikan menggunakan rumus
uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis
paragraf argumentasi setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran think talk
write memperoleh nilai rata-rata 79,16 termasuk dalam kategori baik, sementara
kemampuan menulis paragraf argumentasi menggunakan metode ceramah
memperoleh nilai rata-rata 64,78 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan uji-t
diperoleh nilai pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,13 > 1,66 maka Hα
diterima HO ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model
pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi
oleh siswa kelas X SMA NUSANTARA Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2016-
2017 |
en_US |