Research Repository

Analisis Variasi Diameter Katup Masuk Terhadap Kinerja Sepeda Motor Suzuki Smash 110 Cc Dengan Bahan Bakar Premium 88 Dan Pertamax 92

Show simple item record

dc.contributor.author Fahmi, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:45:41Z
dc.date.available 2020-11-18T02:45:41Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13008
dc.description.abstract Motor bakar adalah salah satu jenis dari mesin kalor, yaitu mesin yang mengubah energi termal untuk melakukan kerja mekanik atau mengubah energi kimia bahan bakar menjadi energi mekanis. Katup merupakan bagian mesin motor yang mengatur aliran gas yang masuk dan keluar ke ruang bakar. Salah satu hal yang mempengaruhi kinerja katup adalah diameter katup. Semakin besar diameter katup, maka konsumsi gas yang hisap pada proses pembakaran akan semakin besar pula dan sebaliknya. Untuk mengetahui pengaruh variasi katup masuk terhadap kinerja motor dengan bahan bakar premium dan pertamax, maka dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda motor 4 langkah suzuki smash 110 cc. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing katup dan variasi bahan bakar guna memperoleh perbandingan torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik pada rata rata putaran mesin 3000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest di laboratorium teknik mesin universitas muhammadiyah sumatera utara. Dari hasil penelitian kondisi katup standar dengan katup variasi beban pengereman 1 kg, pada putaran mesin tertinggi torsi 268 kg.mm (standar), 328 kg.mm (variasi) dan untuk beban pengereman 2 kg pada putaran mesin tertinggi torsi 421 kg.mm (standar), 483 kg.mm (variasi), sedangkan pada nilai daya beban pengereman 1kg, pada putaran mesin tertinggi 2,6 kW (standar), 3,4 kW (variasi) dan untuk pembebanan 2 kg pada putaran mesin tertinggi 4,5 kW (standar), 5,2 kW (variasi), untuk konsumsi bahan bakar spesifik pada putaran tertinggi 0,03 kg/kW-hr (standar), 0,03 kg/kW-hr (variasi), sedangkan pada bahan bakar beban pengereman 1 kg, pada putaran mesin tertinggi torsi 268 kg.mm (premium), 212 kg.mm (pertamax) dan untuk beban pengereman 2 kg pada putaran mesin tertinggi torsi 421 kg.mm (premium), 461 kg.mm (pertamax) sedangkan nilai daya beban pengereman 1 kg pada putaran tertinggi 2,61 kW (premium), 2,91 kW (pertamax) dan beban pengereman 2 kg pada putaran mesin tertinggi 4,51 kW (premium), 4,98 kW (pertamax) untuk konsumsi bahan bakar spesifik pada pada putaran mesin tertinggi 0,03 kg/kW-hr (Premium), 0,04 kg/kW-hr (pertamax). Dapat disimpulkan bahwa tingkat beban pengereman sangat berpengaruh terhadap besarnya putaran mesin dan daya sangat berpengaruh terhadap diameter masing masing katup dan jenis oktan bahan bakar en_US
dc.subject katup masuk en_US
dc.subject pertamax en_US
dc.subject premium en_US
dc.title Analisis Variasi Diameter Katup Masuk Terhadap Kinerja Sepeda Motor Suzuki Smash 110 Cc Dengan Bahan Bakar Premium 88 Dan Pertamax 92 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account