dc.description.abstract |
Motor bakar adalah salah satu jenis dari mesin kalor, yaitu mesin yang
mengubah energi termal untuk melakukan kerja mekanik atau mengubah energi
kimia bahan bakar menjadi energi mekanis. Katup merupakan bagian mesin
motor yang mengatur aliran gas yang masuk dan keluar ke ruang bakar. Salah
satu hal yang mempengaruhi kinerja katup adalah diameter katup. Semakin besar
diameter katup, maka konsumsi gas yang hisap pada proses pembakaran akan
semakin besar pula dan sebaliknya. Untuk mengetahui pengaruh variasi katup
masuk terhadap kinerja motor dengan bahan bakar premium dan pertamax, maka
dilakukan penelitian terhadap motor bakar. Objek yang digunakan adalah sepeda
motor 4 langkah suzuki smash 110 cc. Pengujian dilakukan secara bergantian
untuk masing-masing katup dan variasi bahan bakar guna memperoleh
perbandingan torsi, daya dan konsumsi bahan bakar spesifik pada rata rata
putaran mesin 3000-10000 rpm, dengan menggunakan dynotest di laboratorium
teknik mesin universitas muhammadiyah sumatera utara. Dari hasil penelitian
kondisi katup standar dengan katup variasi beban pengereman 1 kg, pada
putaran mesin tertinggi torsi 268 kg.mm (standar), 328 kg.mm (variasi) dan untuk
beban pengereman 2 kg pada putaran mesin tertinggi torsi 421 kg.mm (standar),
483 kg.mm (variasi), sedangkan pada nilai daya beban pengereman 1kg, pada
putaran mesin tertinggi 2,6 kW (standar), 3,4 kW (variasi) dan untuk pembebanan
2 kg pada putaran mesin tertinggi 4,5 kW (standar), 5,2 kW (variasi), untuk
konsumsi bahan bakar spesifik pada putaran tertinggi 0,03 kg/kW-hr (standar),
0,03 kg/kW-hr (variasi), sedangkan pada bahan bakar beban pengereman 1 kg,
pada putaran mesin tertinggi torsi 268 kg.mm (premium), 212 kg.mm (pertamax)
dan untuk beban pengereman 2 kg pada putaran mesin tertinggi torsi 421 kg.mm
(premium), 461 kg.mm (pertamax) sedangkan nilai daya beban pengereman 1 kg
pada putaran tertinggi 2,61 kW (premium), 2,91 kW (pertamax) dan beban
pengereman 2 kg pada putaran mesin tertinggi 4,51 kW (premium), 4,98 kW
(pertamax) untuk konsumsi bahan bakar spesifik pada pada putaran mesin
tertinggi 0,03 kg/kW-hr (Premium), 0,04 kg/kW-hr (pertamax). Dapat disimpulkan
bahwa tingkat beban pengereman sangat berpengaruh terhadap besarnya
putaran mesin dan daya sangat berpengaruh terhadap diameter masing masing
katup dan jenis oktan bahan bakar |
en_US |