dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tayangan Stand Up Comedy
terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot oleh Siswa Kelas X SMA Nurul Islam
Indonesia Baru Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia
Baru. Sampel yang digunakan sebanyak 27 siswa. metode yang digunakan dalam
penelitian adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Pos-test
desaign group, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara
dua variabel dengan menggunakan pre-test dan pos-test. Instrument yang digunakan
oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes tertulis.
Dalam hal ini siswa mempraktikan dengan sangat cermat melihat tayangan stand up
comedy. Setelah data analisi diketahui kemampuan Teks Anekdot kelas X SMA
Nurul Islam Indonesia Baru Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 berada pada
tingkat “baik” dengan nilai rata-rata 62,22 sebelum menonton tayangan stand up
komedi. Sedangkan kemampuan teks anekdot menggunakan rumus uji-t diketahui
thitung = 7,71.
Hasil penelitian ini menunjukan thitung diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan
ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2)-2, dk (27+27)-2 = 52, maka
dapat ttabel = 1,67. Oleh karena itu thitung ˃ ttabel yaitu 7,71˃ 1,67. Dengan demikian
hipotesis berbunyi “ Terdapat pengaruh Tayangan Stand Up Comedy terhadap
kemampuan menulis Teks Anekdot dapat diterima” |
en_US |