Research Repository

Pengaruh Teknik Pembelajaran Kalimat Mengalir terhadap Kemampuan Menulis Kembali Dongeng oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Yulia, Yul
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:00:04Z
dc.date.available 2020-11-18T02:00:04Z
dc.date.issued 2017-10-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12953
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Pembelajaran Kalimat Mengalir terhadap Kemampuan Menulis Kembali Dongeng oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017, yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari dua kelas. Kemudian kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan secara teliti terhadap objek penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat pengumpulan data berupa tes, yaitu esai yang digunakan dalam bentuk teks dongeng.Hasil uji penelitian ini adalah kemampuan menulis kembali dongeng dengan menggunakan teknik kalimat mengalir siswa dikonversikan dengan peringkat persentase nilai pada kelas eksperimen yaitu 52,94% (18 orang) memperoleh kategori baik sekali, 38,24% (13 orang) memperoleh kategori baik, dan 8,82% (3 orang) memperoleh kategori cukup, diperoleh nilai rata-rata 78,02 termasuk dalam kategori baik. Kemampuan menulis kembali dongeng dengan menggunakan ceramah siswa dikonversikan dengan peringkat persentase nilai pada kelas kontrol yaitu 12% (4 orang) memperoleh kategori baik sekali, 42% (14 orang) memperoleh kategori baik, dan 20% (7 orang) memperoleh kategori cukup, 20% (7 orang) memperoleh kategori kurang, dan 6% (2 orang) memperoleh kategori sangat kurang, diperoleh nilai rata-rata 63,08 termasuk dalam kategori cukup. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik kalimat mengalir terhadap kemampuan menulis kembali dongeng oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. Hal ini membuktikan ada pengaruh teknik kalimat mengalir terhadap kemampuan menulis kembali dongeng oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Kembali Dongeng en_US
dc.title Pengaruh Teknik Pembelajaran Kalimat Mengalir terhadap Kemampuan Menulis Kembali Dongeng oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Sawit Seberang Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account