dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh teknik pembelajaran kunjungan lapangan
terhadap kemampuan menulis paragraph deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta
Setia Budi Abadi Perbaungan tahun Pembelajaran 2016-2017.
Populasi penelitian berjumlah 60 siswa yang terdiri atas dua kelas. Dari seluruh
populasi ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa yakni kelas X.1 DAN X.2 masingmasing sebanyak 30 siswa. Kelas X.1 yang belajar menggunakan teknik
pembelajaran kunungan lapangan sedangkan kelas X.2 belajar menggunakan metode
ceramah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menemukan nilanilai yang terkandung dalam cerpen setelah perlakuan menggunakan teknik
pembelajaran kunungan lapangan rata- rata 77,10 termasuk dalam kategori A (baik
sekali), sementara kelompok siswa menggunakan metode ceramah memperoleh nilai
rata-rata 65,08 termasuk kategori D (kurang). Berdasarkan penghitungan dengan uji
“t” diperoleh nilai thitung = 4,82 kemudian dikonsultasikan penghitungan dengan tabel
t pada taraf signitifikan 5 % dengan dk =(n1 + n2 – 2) ternyata t hitung yang diperoleh
lebih besar ttabel yaitu 4,82 > 1,67 sehingga hipotesis diterima. Terdapat pengaruh
teknik pembelajaran kunungan lapangan terhadap kemampuan menulis paragraph
deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan tahun
Pembelajaran 2016-2017. Pengaruh teknik pembelajaran kunungan lapangan lebih
besar dibandingkan dengan pengaruh metode cermah |
en_US |