dc.description.abstract |
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun
Pembelajaran 2017-2018. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kebiasaan menonton tayangan My Trip My Adventure terhadap kemampuan menulis
pengalaman pribadi oleh siswa Kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
Tahun Pembelajaran 2016–2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
Kemampuan siswa menulis pengalaman pribadi tergolong rendah, kurangnya
kemampuan siswa menemukan dan mengembangkan ide untuk menulis pengalaman
pribadi dan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis pengalaman
pribadi belum maksimal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang terdiri
atas dua kelas dengan jumlah 76 orang. Hasil kemampuan menulis pengalaman
pribadi tanpa kebiasaan menonton tayangan My Trip My Adventure siswa kelas VII
SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018 yaitu
2,6% (1 orang) memperoleh kategori baik sekali, 57% (22 orang) memperoleh
kategori baik, dan 22% (8 orang) memperoleh kategori cukup, dan 18,4% (7 orang)
berada pada kategori kurang. Hasil kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan
kebiasaan menonton tayangan My Trip My Adventure siswa kelas VII SMP
Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018 memiliki
peringkat persentase nilai yaitu 13,2% (5 orang) memperoleh kategori baik sekali,
39,5% (15 orang) memperoleh kategori baik, dan 21,1% (8 orang) memperoleh
kategori cukup, 21,1% (8 orang) memperoleh kategori kurang, dan 5,26% (2 orang)
memperoleh kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa ada pengaruh kebiasaan menonton tayangan My Trip My Adventure terhadap
kemampuan menulis pengalaman pribadi Oleh Siswa Kelas VII SMP Tarbiyah
Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2017-2018. Setelah nilai thitung
diperoleh, selanjutnya dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan = 0,05%
dengan dk = N1 + N2 – 2 = 74. Berdasarkan hasil perhitungan, maka diperoleh ttabel =
1,992. Dengan demikian dapat diketahui thitung> ttabel yaitu 8,357 > 1,992. |
en_US |