Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Adzani, Emma Nur
dc.date.accessioned 2020-11-18T01:27:03Z
dc.date.available 2020-11-18T01:27:03Z
dc.date.issued 2017-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12921
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian ini berjumlah 150 siswa yang terdiri atas empat kelas. Sampel diambil secara random terpilih VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Masingmasing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 35 siswa, jadi total sampel yang diteliti sebanyak 70 siswa. Kelompok VII-2 yang belajar menggunakan model pembelajaran Modelling The Way sedangkan kelompok VII-4 belajar tanpa menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk menguji hipotesis digunakan statistik komparasi. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan menulis teks pengumuman berbentuk esai. Analisis data menggunakan rumus uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks pengumuman setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran Modelling The Way memperoleh nilai rata-rata 75,14 termasuk kategori B (baik), sementara kelompok siswa tanpa menggunakan model pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 66 termasuk dalam kategori C (cukup). Berdasarkan penghitungan uji “t” diperoleh nilai thitung = 4,64 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2 – 2) ternyata thitung yang diperoleh hasil lebih besar dari ttabel yaitu 4,64 > 1,6676 sehingga hipotesis diterima. Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Pengaruh model pembelajaran Modelling The Way lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tanpa menggunakan model pembelajaran. en_US
dc.subject Modelling The Way en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account