dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh model pembelajaran Modelling The Way
terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs Swasta
Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi penelitian
ini berjumlah 150 siswa yang terdiri atas empat kelas. Sampel diambil secara random
terpilih VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Masingmasing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 35 siswa, jadi total sampel yang diteliti
sebanyak 70 siswa.
Kelompok VII-2 yang belajar menggunakan model pembelajaran Modelling The
Way sedangkan kelompok VII-4 belajar tanpa menggunakan model pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, untuk menguji hipotesis digunakan
statistik komparasi. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan menulis teks
pengumuman berbentuk esai. Analisis data menggunakan rumus uji t-tes.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis teks
pengumuman setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran Modelling The
Way memperoleh nilai rata-rata 75,14 termasuk kategori B (baik), sementara
kelompok siswa tanpa menggunakan model pembelajaran memperoleh nilai rata-rata
66 termasuk dalam kategori C (cukup).
Berdasarkan penghitungan uji “t” diperoleh nilai thitung = 4,64 kemudian
dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2 – 2)
ternyata thitung yang diperoleh hasil lebih besar dari ttabel yaitu 4,64 > 1,6676
sehingga hipotesis diterima. Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The
Way terhadap Kemampuan Menulis Teks Pengumuman oleh Siswa Kelas VII MTs
Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Pengaruh
model pembelajaran Modelling The Way lebih besar dibandingkan dengan pengaruh
tanpa menggunakan model pembelajaran. |
en_US |