Research Repository

Pengaruh Media Tayang “Laptop Si Unyil” terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khairunnisa, Mayithah
dc.date.accessioned 2020-11-18T01:08:33Z
dc.date.available 2020-11-18T01:08:33Z
dc.date.issued 2017-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12907
dc.description.abstract Berdasarkan hasil observasi penulis saat Program Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Bina Satria Medan, diketahui bahwa tingkat kemampuan menulis melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif siswa kelas VIII masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari siswa masih kurang dalam penggunaan bahasa yang efektif dan sedikit guru yang menggunakan alat bantu mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memberi solusi pembelajaran menulis petunjuk ini dengan menggunakan media tayang “Laptop Si Unyil”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Tayang “Laptop Si Unyil” terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berlokasi di Jalan Marelan Raya No. 1 Tanah 600 Medan Marelan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 118 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Pegambilan sampel dilakukan dengan sistem acak atau random sampling, setelah random sampling dilakukan terpilihlah kelas VIII B sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C berjumlah 40 siswa sebagai kelas Eksperimen. Jadi, keseluruhan sampel dari dua kelas tersebut berjumlah 79 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design posttes-only control design, suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengaruh antara dua variabel dengan menggunakan satu kali posttest. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengukur keberhasilan media tayang ini adalah tes esai dalam bentuk lembar kegiatan siswa. Kemampuan menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan menggunakan media tayang “laptop Si Unyil” pada kelas eksperimen dengan nilai tertinggi pada kelas eksperimen 92 25% dan mean pada kelas eksperimen 82,2. Sedangkan pada kelas kontrol nilai tertinggi pada kelas control 44 25,64% dan mean pada kelas kontrol 64,71. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan diketahui + – 2 = 77 atau 409 + 39 – 2 = 77, maka diperoleh ttabel = 1,66. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa ttabel yaitu 7,50 > 1,66. Maka Hα diterima dengan hipotesis yang berbunyi ada pengaruh media tayang “laptop si unyil” terhadap kemampuan menulis petunjuk melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 terbukti. en_US
dc.subject Laptop Si Unyil” terhadap Kemampuan Menulis en_US
dc.title Pengaruh Media Tayang “Laptop Si Unyil” terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account