dc.description.abstract |
Berdasarkan hasil observasi penulis saat Program Pengalaman Lapangan
(PPL) di SMP Bina Satria Medan, diketahui bahwa tingkat kemampuan menulis
melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif
siswa kelas VIII masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari siswa masih kurang dalam
penggunaan bahasa yang efektif dan sedikit guru yang menggunakan alat bantu
mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti memberi solusi pembelajaran
menulis petunjuk ini dengan menggunakan media tayang “Laptop Si Unyil”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Tayang “Laptop
Si Unyil” terhadap Kemampuan Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu oleh Siswa
Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berlokasi
di Jalan Marelan Raya No. 1 Tanah 600 Medan Marelan. Populasi penelitian ini
seluruh siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018
yang berjumlah 118 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Pegambilan sampel dilakukan
dengan sistem acak atau random sampling, setelah random sampling dilakukan
terpilihlah kelas VIII B sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C
berjumlah 40 siswa sebagai kelas Eksperimen. Jadi, keseluruhan sampel dari dua
kelas tersebut berjumlah 79 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan design posttes-only control design, suatu penelitian yang bertujuan untuk
mencari pengaruh antara dua variabel dengan menggunakan satu kali posttest.
Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengukur keberhasilan media tayang ini
adalah tes esai dalam bentuk lembar kegiatan siswa.
Kemampuan menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan menggunakan
media tayang “laptop Si Unyil” pada kelas eksperimen dengan nilai tertinggi pada
kelas eksperimen 92 25% dan mean pada kelas eksperimen 82,2. Sedangkan pada
kelas kontrol nilai tertinggi pada kelas control 44 25,64% dan mean pada kelas
kontrol 64,71.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh dibandingkan
dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan diketahui + – 2 = 77 atau
409 + 39 – 2 = 77, maka diperoleh ttabel = 1,66. Dengan demikian, dapat diketahui
bahwa ttabel yaitu 7,50 > 1,66. Maka Hα diterima dengan hipotesis yang
berbunyi ada pengaruh media tayang “laptop si unyil” terhadap kemampuan menulis
petunjuk melakukan sesuatu oleh siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018 terbukti. |
en_US |