dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media realia terhadap
kemampuan menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas X SMA Pembangunan
Nasional Kecamatan Pagar Merbau Tahun Pembelajaran 2016-2017. Lokasi
penelitian ini dilaksanakan di SMA Pembangunan Nasional Kecamatan Pagar
Merbau Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi pada penelitian ini berjumlah 90
siswa. Sampel berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas
kontrol diberi perlakuan yang berbeda, yaitu pada kelas eksperimen siswa menulis
paragraf deskripsi dengan menggunakan media realia dan pada kelas kontrol siswa
tidak menggunakan media realia.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan menggunakan post-test only control design dan penelitian ini menggunakan
alat pengumpul data berupa tes, yaitu tes tertulis. Jumlah skor kelas menggunakan
media realia adalah 2553 dengan mean 85,1 dan jumlah skor kelas tidak
menggunakan realia adalah 1996 dengan mean 66,5. Hasil analisis data dilakukan
dengan menggunakan uji hipotesis atau uji-t. Hasil pengujian pada taraf α = 0,05%
dengan dk = + – 2 = 58 diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,58 > 1,672 maka Ho
ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian, hasil kemampuan siswa dalam kemampuan menulis
paragraf deskripsi yang diajarkan dengan menggunakan media realia lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tidak menggunakan media
realia, artinya media pembelajaran realia berpengaruh positif terhadap kemampuan
menulis paragraf deskripsi oleh siswa kelas X SMA Pembangunan Nasional
Kecamatan Pagar Merbau Tahun Pembelajaran 2016-2017. |
en_US |