dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri
terhadap Kemampuan Menulis Teks Petunjuk oleh Siswa Kelas VIII SMP Al-Hidayah
Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AlHidayah Medan yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-d
sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-c sebagai kelompok kontrol, masing-masing
berjumlah 30 dan 30 siswa. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar
berseri. Teknik penelitian ini menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan standar deviasi
sebagai langkah-langkah dalam menghitung hasil data yang diperoleh siswa. Instrumen (alat
pengumpul data) yang digunakan adalah tes essai. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji t. Hasil pengelolaan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan
kemampuan menulis teks petunjuk dengan menggunakan media gambar berseri berada pada
tingkat baik sekali dan diketahui siswa paling banyak mendapatkan nilai 80-100 berjumlah 16
siswa. Nilai rata-rata sebesar 79 dikategorikan baik, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai
terendah 66. Sedangkan kemampuan menulis teks petunjuk yang diajarkan tanpa
menggunakan media gambar berseri berada pada tingkat baik dan diketahui siswa paling
banyak mendapat nilai 66-79 berjumlah 16 siswa. Nilai rata-rata sebesar 71,26 dikategorikan
baik, dengan nilai tertinggi 86 dan terendah 46. Berdasarkan uji-t, hipotesis diterima bahwa
thitung > ttabel yaitu 3,65 > 1,672. Ada Pengaruh Penggunaan Media Gambar berseri terhadap
Kemampuan Menulis Teks Petunjuk oleh Siswa Kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017. |
en_US |