Research Repository

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Teks Petunjuk oleh Siswa Kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Sila
dc.date.accessioned 2020-11-18T00:55:16Z
dc.date.available 2020-11-18T00:55:16Z
dc.date.issued 2017-04-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12894
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Teks Petunjuk oleh Siswa Kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AlHidayah Medan yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-d sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-c sebagai kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 30 dan 30 siswa. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar berseri. Teknik penelitian ini menggunakan rumus mencari nilai rata-rata dan standar deviasi sebagai langkah-langkah dalam menghitung hasil data yang diperoleh siswa. Instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah tes essai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil pengelolaan data dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan menulis teks petunjuk dengan menggunakan media gambar berseri berada pada tingkat baik sekali dan diketahui siswa paling banyak mendapatkan nilai 80-100 berjumlah 16 siswa. Nilai rata-rata sebesar 79 dikategorikan baik, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 66. Sedangkan kemampuan menulis teks petunjuk yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar berseri berada pada tingkat baik dan diketahui siswa paling banyak mendapat nilai 66-79 berjumlah 16 siswa. Nilai rata-rata sebesar 71,26 dikategorikan baik, dengan nilai tertinggi 86 dan terendah 46. Berdasarkan uji-t, hipotesis diterima bahwa thitung > ttabel yaitu 3,65 > 1,672. Ada Pengaruh Penggunaan Media Gambar berseri terhadap Kemampuan Menulis Teks Petunjuk oleh Siswa Kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Media gambar berseri en_US
dc.subject Kemampuan menulis teks petunjuk. en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Teks Petunjuk oleh Siswa Kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account