Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Hikayat oleh Siswa Kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Desi
dc.date.accessioned 2020-11-18T00:50:14Z
dc.date.available 2020-11-18T00:50:14Z
dc.date.issued 2017-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12892
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat oleh siswa kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017. lokasi penelitian dilaksanakan di MAS AL-Washliyah 22 Tembung. Pada penelitian ini yang akan menjadi populasi adalah kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 116 siswa. Namun peneliti hanya mengambil 2 kelas saja dengan sampel 72 orang, yakni kelas XI-IPA yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas XI-IPS A yang berjumlah 45 siswa sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model ceramah.Peneliti menggunakan metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan metode konvensional. Instrumen atau alat yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah tes esai yaitu kemampuan mengidentifiksai usur intrinsik hikayat. Dari kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata mean 71,7 dan nilai standar deviasi 3,6, kelas kontrol nilai rata-rata mean 51,9 dan nilai standar deviasi 2,8.hasil ini dapat ditandai dengan hasil thitung> tabel ( 7,6 > 3,13 ) artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik hikayat oleh siswa kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017. en_US
dc.subject Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Hikayat oleh Siswa Kelas XI MAS AL-Washliyah 22 Tembung Tahun Pembelajaran 2016-2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account