dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah kemampuan berpikir
kritis dengan pembelajaran menggunakan model Snowball Throwing lebih baik dari
kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model konvensional pada siswa
SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017? (2) Apakah pembelajaran matematika melalui
model snowball throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017? Penelitian ini bertujuan (1) Untuk
mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran menggunakan
model Snowball Throwing lebih baik dari kemampuan berpikir kritis dengan
menggunakan model konvensional pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017.
(2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika melalui model snowball
throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa SMA
Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X MIA SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini dipilihsecara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas X
MIA 4 dan kelas X MIA 14, dimana kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen
menggunakan model snowball throwing berjumlah 38 siswa dan kelas X MIA 14
sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional berjumlah 38 siswa. Dari
hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai pretest kelas
eksperimen adalah 39,00 dan nilai posttest adalah 75,71 sedangkan untuk kelas
kontrol rata-rata nilai pretest adalah 35,39 dan nilai posttest adalah 65,82. Dan hasil
perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga hitung thitung = 4,629 dengan
perhitungan spss diperoleh nilai sig 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 maka dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Lalu dengan menggunakan uji gain
didapat g faktor dari kelas eksperimen sebesar 0,70 berada dalam kategori tinggi,
sedangkan uji gain didapat g faktor dari kelas kontrol sebesar 0,6 berada dalam
kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball
throwing efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa
SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. |
en_US |