Research Repository

Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Deliana
dc.date.accessioned 2020-11-17T09:19:18Z
dc.date.available 2020-11-17T09:19:18Z
dc.date.issued 2017-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12882
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih baik dari siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017? dan apakah Penggunaan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017?. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII dengan sampel penelitian dua kelas di SMP Swasta PGRI 3 Medan yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran TAI. Instrumen penelitian ini berupa pretest dan posttest yang berbentuk essay tes dan berjumlah 10 soal. Berdasarkan analisa data kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Team Assisted Individualizaton, nilai rata-rata siswa meningkat dari 36,25 pada pretest menjadi 70,38 pada posttest atau meningkat sebesar 34,13. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 23,03 yaitu dari 35,39 menjadi 38,62 pada posttest. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 6,98. Selanjutnya harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan   0,05 , maka diperoleh ttabel = 2,006. Dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 6,98 > 2,006. Sedangkan nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,35 dengan kriteria rendah. Berdasarkan pengujian hipotesis dan uji gain diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Team Assisted Individualization (TAI) en_US
dc.subject Berpikir Kreatif en_US
dc.title Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMP Swasta PGRI 3 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account