dc.description.abstract |
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kompetensi,
mempengaruhi efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan
T.P 2017/2018. Untuk mengetahui apakah fokus pada pelajaran mempengaruhi
efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P
2017/2018.Untuk mengetahui apakah hubungan guru dengan siswa mempengaruhi
efektivitas belajar matematika pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Hidayah Medan yang
terdiri dari 75 siswa. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIIa dan VIIb yang
berjumlah 75 orang.0 Variabel bebas (X) adalah faktor yang mempengaruhi efektivitas
belajar matematika pada siswa yang terdiri dari 5 variabel yaitu Kompetensi siswa (X1),
Fokus pada pelajaran (X2) , Motivasi belajar (X3), Hubungan guru dengan siswa (X4), dan
Cara belajr siswa (X5). Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis, Variabel Dependen (Y)
adalah Efektivitas Belajar Matematika. Dari penelitian diperoleh hasil nilai component
matriks untuk faktor kompetensi (faktor 1 adalah 0,830 dan faktor 2 adalah -0,112),
faktor fokus pada pelajaran (faktor 1 adalah -0,390 dan faktor 2 adalah 0,790), faktor
hubungan guru dengan siswa (faktor 1 adalah 0,645 dan faktor 2 adalah -0,494),
faktor motivasi belajar (faktor 1 adalah 0,593 dan faktor 2 adalah 0,407) dan variabel
cara belajar siswa (factor 1 adalah 0,627 dan factor 2,446). Dari hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor kompetensi, faktor fokus pada pelajaran,
faktor hubungan guru dengan siswa, motivasi belajar dan cara belajar siswa berada
pada faktor pertama yang mempengaruhi efektivitas belajar matematika siswa
dikarenakan nilai component matriks faktor pertamanya lebih besar dari faktor kedua.
Sedangkan variabel fokus pada pelajaran berada di factor kedua dikarenakan nilai
component matriks factor keduanya lebih besar dari factor pertama. |
en_US |