dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ―Pengaruh Model Pembelajaran
Probing-Prompting terhadap Kemampuan Menyunting Ulasan Buku oleh Siswa
Kelas VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP SMP Swasta
Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 168 siswa
yang terdiri dari tiga kelas dan penelitian ini hanya ,menggunakan satu kelas sebagai
kelas sampel yang terdiri dari 42 siswa dengan perlakuan yang berbeda yaitu
sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting.
Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data
kemampuan menulis pantun adalah tes tertulis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis
pantun oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan sebelum
menggunakn model pembelajaran Probing-Prompting adalah 56,45. Nilai rata-rata
Kemampuan Menyunting Ulasan Buku oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta Harapan
Mekar Medan sesudah menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting adalah
78,83. Karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel t yaitu 5,62>2,02. Maka
Hipotesis dari penelitian ini ada Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting
terhadap Kemampuan Menyunting Ulasan Buku oleh Siswa Kelas VIII SMP Swasta
Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. |
en_US |