dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diaplikasikan
oleh UMKM di wilayah Sumatera Utara. UMKM sebagai salah satu fundamen
perekonomian Indonesia, memiliki peranan yang sangat tinggi sehingga haruslah
memiliki strategi pemasaran yang mumpuni untuk meningkatkan daya saingnya.
Dengan analisis SWOT yang dilakukan pada 65 pelaku umkm di wilayah
Sumatera Utara, sampel yang diambil merupakan umkm yang mencirikan
kekhasan Sumatera Utara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan
pengumpulan data diperoleh dari penyebaran angket dan daftar pertanyaan
terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum UMKM belum
mengaplikasikan manajemen pemasaran, namun hanya berdasarkan pemahaman
dan pengetahuan yang dimiliki saja. Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan,
diperoleh strategi manajemen pemasaran yang dapat diimplementasikan, yaitu
Strategi S-O, meliputi memberikan inovasi produk yang memperkuat posisi,
membentuk citra merk sendiri tanpa mendompleng merk lain. Strategi W-O,
meliputi memperkenalkan keluar daerah dengan teknologi informasi,
memperpanjang daur hidup produk dengan melakukan diferensiasi, mencari
sistem pemasaran selain sistem konsinyasi. Strategi S-T, yaitu memperkuat/
menonjolkan ciri khas kedaerahan. Strategi W-T, membuat kemasan yang inovatif
dengan merk khas, memperkenalkan wilayah usaha dengan kluster produk. |
en_US |