dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas belajar
matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung
Medan T.P 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran Cycle Learning ?
(2) Apakah penerapan model pembelajaran Cycle Learning dapat meningkatkan
aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-2 SMP
Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 ?
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar
matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kels VIII-2 SMP Swasta Bandung
Medan T.P 2016/2017 dengan menggunakan model prembelajaran Cycle Learning.
(2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cycle Learning dapat
meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran
kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017.
Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah mengukur tingkat aktivitas siswa,
yaitu mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar matematika.
Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi.
Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta
Bandung Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 17 lakilaki dan 8 perempuan.
Penelitian ini dilakukan dengan 2 silkus yaitu dimulai dari tes awal, siklus I, siklus II.
Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk table
dan diagram. Hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada tes awal 1.535
( kurang ), meningkat 2,4 ( cukup ) pada siklus I, sampai pada siklus III meningkat
Dengan demikian penelitian yang dilakukan dikelas VIII-2 Smp Swasta Bandung
Medan telah terbukti ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dengan
menggunakan Model Pembelajaran Cycle Learning. |
en_US |