Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Cycle Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Nasution, Siti Purnama Sari
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:39:28Z
dc.date.available 2020-11-17T08:39:28Z
dc.date.issued 2017-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12852
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 dengan menggunakan model pembelajaran Cycle Learning ? (2) Apakah penerapan model pembelajaran Cycle Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 ? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kels VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 dengan menggunakan model prembelajaran Cycle Learning. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Cycle Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada pokok bahasan Lingkaran kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah mengukur tingkat aktivitas siswa, yaitu mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam belajar matematika. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 17 lakilaki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 silkus yaitu dimulai dari tes awal, siklus I, siklus II. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh dilapangan ditulis dalam bentuk table dan diagram. Hasil observasi aktivitas siswa yang diperoleh pada tes awal 1.535 ( kurang ), meningkat 2,4 ( cukup ) pada siklus I, sampai pada siklus III meningkat Dengan demikian penelitian yang dilakukan dikelas VIII-2 Smp Swasta Bandung Medan telah terbukti ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Cycle Learning. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Cycle Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika SMP Swasta Bandung Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account