dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
complete sentence(melengkapi kalimat) terhadap kemampuan menulis paragraf
deskriptif oleh siswa kelas XMAN 1 MEDAN tahun pembelajaran 2016-2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 MEDAN
yang berjumlah 214 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
X Mia 1 dan X Mia2 dengan masing-masing kelas berjumlah 42 dan 39 siswa.
Penelitian ini telah ditentukan sebelumnya menggunakan teknik simple random
sampling. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif.
Instrumen yang digunakan adalah postes berbentuk soal kalimat yang belum lengkap
pada materi paragraf deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : a) mean (rata-rata) nilai kelas
eksperimen sebesar 74,76 dan termasuk kategori baik, sedangkan kelas kontrol
sebesar 56,82 dan termasuk kategori kurang baik. b) standar deviasi dan standar error
kelas eksperimen sebesar 11,66 dan 2,12, sedangkan kelas kontrol 10,76 dan 2,05. c)
pengujian hipotesiss menyatakan 𝑡โ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (6,10) >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
(1,9946). Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran complete sentence(melengkapi kalimat)terhadap kemampuan menulis
paragraf deskriptif oleh siswa kelas X MAN 1 MEDAN tahun pembelajaran 2016-
2017. Pengaruh tersebut didukung oleh proses pembelajaran kedua kelas sampel,
bahwa pada kelas eksperimen menerapkan langkah-langkah praktis yang mendorong
siswa aktif belajar secara kelompok, sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan
langkah-langkah praktis yang dapat mengaktifkan siswa untuk belajar. |
en_US |