dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana motivasi belajar siswa
menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining pada siswa MTs
Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. 2) Apakah penerapan model pembelajaran student
facilitator and explaining dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa MTs
Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui
motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator
and explaining pada siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. 2) Untuk
mengetahui penerapan student facilitator and explaining terhadap motivasi belajar
siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran student
facilitator and explaining. Instrumen yang digunakan adalah observasi motivasi
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII-5 MTs Negeri 3
Medan yang berjumlah 44 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki – laki dan 29
orang siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa
dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student facilitator and
explaining. Perolehan hasil penelitian bahwa motivasi yang terjadi tiap-tiap siklus
terjadi peningkatan, Hasil persentase observasi motivasi pada tahap awal 39,28%
terjadi peningkatan pada siklus I mencapai 67,68% terjadi peningkatan lagi pada
siklus II mencapai 85,22%. |
en_US |