Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P. 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Afrianti, Dwi
dc.date.accessioned 2020-11-17T08:12:34Z
dc.date.available 2020-11-17T08:12:34Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12780
dc.description.abstract Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 44 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 pada pokok bahasan himpunan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 16 siswa (36,36%) yang tuntas serta 28 siswa (63,64%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa (65,91%) yang tuntas, sedangkan 15 Siswa (34,09%) tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 39 siswa (88,64%) yang tuntas, sedangkan 5 siswa (11,36%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh skor 18,18 dan siklus II memperoleh skor 28,3 dan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 2,02 dan pada siklus II sebesar 3,14 hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P. 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account