dc.description.abstract |
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar
dan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan
T.P 2016/2017. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk
mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction
(ATI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP
Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah penerapan
model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan
aktivitas belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P
2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP
Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 yang terdiri dari 44 siswa. Objek dalam
penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction
(ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 1
Medan T.P 2016/2017 pada pokok bahasan himpunan. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya
pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis
dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara
klasikal diperoleh 16 siswa (36,36%) yang tuntas serta 28 siswa (63,64%) yang tidak
tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa (65,91%) yang tuntas, sedangkan
15 Siswa (34,09%) tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 39 siswa
(88,64%) yang tuntas, sedangkan 5 siswa (11,36%) belum mencapai ketuntasan
belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan
dari siklus I memperoleh skor 18,18 dan siklus II memperoleh skor 28,3 dan hasil
observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukan hasil rata-rata pada
siklus I sebesar 2,02 dan pada siklus II sebesar 3,14 hal ini merupakan bahwa belajar
dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)
pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan T.P 2016/2017 berhasil ditinjau dari
ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah
pembelajaran. |
en_US |